blog.1.image
Artikel
01 Juni 2021 11:06

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Sejarah Berawal dari kekalahannya pada perang pasifik, Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Terbentuklah sebuah lembaga bernama Dokuritsu Junbi Cosakai, yang kemudian disebut Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada 29 Mei 1945 untuk membahas mengenai tema dasar negara. Bertempat di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila).

Sidang berjalan sampai lima hari. Sampai pada 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara yang dinamai Pancasila. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Lima dasar negara yang disebutkan Soekarno yakni:

  1. Kebangsaan
  2. Internasionalisme atau perikemanusiaan
  3. Demokrasi
  4. Keadilan Sosial
  5. Ketuhanan Yang Maha Esa

Pidato pertamanya tentang gagasan Pancasila inilah yang kemudian diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Selanjutnya, untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD), dibentuklah panitia sembilan.

Sembilan orang itu meliputi Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

Sampai akhirnya, melalui sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada 18 Agustus 1945, Pancasila disetujui dan dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah

 

Sumber : Kompas.com

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Lahir Pancasila 1 Juni: Sejarah, Tema, dan Link Twibbon Ucapan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/01/072736865/hari-lahir-pancasila-1-juni-sejarah-tema-dan-link-twibbon-ucapan?page=all.


Penulis : Rosy Dewi Arianti Saptoyo
Editor : Rizal Setyo Nugroho

 

Share this article:

Berdasarkan Kategori

Label