blog.1.image
Edukasi
06 Oktober 2020 02:10

Manfaat Asuransi Secara Umum

Salah satu manfaat asuransi yang utama adalah memberikan rasa aman. Dengan melakukan pembelian asuransi, maka aset atau benda yang dipertanggungkan dilindungi oleh perusahaan asuransi. Rasa aman tercipta karena segala macam kerusakan atau kehilangan barang yang dipertanggungkan akan diganti oleh asuransi sesuai dengan polis. Misalnya, seorang pemilik kendaraan menderita kerugian akibat mobilnya hilang pada saat parkir di suatu jalan. Pemilik mobil mengasuransikan mobilnya kepada perusahaan asuransi. Oleh karena itu, perusahaan asuransi akan mengganti mobil tersebut sesuai dengan harga mobil yang tertera dalam polis asuransi. Kondisi ini akan memberikan dampak rasa tenang kepada pemilik mobil dalam beraktivitas.

 

Salah satu fungsi asuransi adalah stimulus to business enterprise. Maksudnya, asuransi dapat menjaga ke-langsungan dunia usaha sehingga peran industri asuransi dalam perekonomian sebuah negara tidak diragukan lagi memiliki manfaat yang sangat penting dan luas. Sebagai suatu sektor jasa yang mulai marak di tanah air, jika dibandingkan dengan industri lain, asuransi relatif lambat perkembangannya karena produk asuransi masih kurang diminati konsumen (un-sought goods) dan faktanya hampir sebagian besar masyarakat kita belum menganggap bahwa asuransi adalah sebuah kebutuhan (insurance minded) meskipun pada kenyataannya berbagai aktivitas operasional dunia usaha, export-import dan perdagangan tidak mungkin berlangsung tanpa dukungan produk jasa asuransi. Contoh berikut ini dapat dijadikan ilustrasi yang memperlihatkan bahwa asuransi menjadi penting.

 

  1. Tidak mungkin pesawat terbang dapat landing dan take off tanpa cover aviationinsurance sebagai salah salah satu produk asuransi yang dipersyaratkan oleh seluruh otoritas bandara di dalam dan luar negeri. 

 

  1. Tidak mungkin kredit dari suatu perbankan akan dicairkan oleh suatu bank kepada debitur (penerima kredit), apabila agunan yang dijaminkan kepada bank belum diasuransikan terlebih dahulu kepada perusahaan asuransi. Oleh karena itu, pemerintah sebagai regulator memiliki andil yang sangat besar dalam memajukan industry asuransi. Pemerintah juga mempunyai kepentingan yang besar untuk menciptakan dan menjaga standar mutu atas aktivitas tender-tender yang diselenggarakan dengan jaminan asuransi. Proyek-proyek pemerintah yang sedang dikerjakan dapat ter-laksana dengan lebih baik karena sebagian risiko-risiko pekerjaan telah dipindahkan kepada pihak asuransi. Saat ini industri asuransi mempunyai peran penting dalam rangka menduk perekonomian nasional. Selain itu, industry asuransi sangat ber-manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, orang tua, pengusaha, pegawai, pedagang, kontraktor, Importir, pemilik pabrik, pemilik proyek, usaha kecil, menengah dan skala besar serta pemerintah sebagai pemilik aset negara.
Share this article:

Berdasarkan Kategori

Label