blog.1.image
Edukasi
06 Oktober 2020 02:10

Manfaat Asuransi dari Berbagai Sudut Pandang

Manfaat asuransi penting sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Terlebih pemahaman akan asuransi di Indonesia masih rendah. Ini bisa dilihat dari jumlah keikutsertaan masyarakat terhadap asuransi masih minim alias tidak begitu banyak peminatnya. Padahal, asuransi secara umum ataupun khusus memiliki fungsi dan keuntungan yang sangat banyak dari berbagai sudut pandang, sebagai berikut. 

 

1. Memberikan Ketenangan

Asuransi akan menciptakan ketenangan bagi pemegang polis. Risiko yang semula menjadi risiko sendiri, telah beralih kepada sebuah perusahaan asuransi.

 

2. Memberikan Rasa Aman

Apabila terjadi suatu risiko yang menimbulkan kerusakan atau kerugian, maka nasabah akan tetap merasa aman karena sudah memiliki polis asuransi yang melindungi dan menjamin aset atau harta benda dari suatu risiko yang tidak diharapkan.

 

3. Membantu Investasi

Ketika seorang pengusaha ingin mendapatkan kredit dari perbankan, maka nasabah diharuskan memiliki polis asuransi sebagai suatu persyaratan yang wajib menurut aturan perbankan. Pada asuransi tabungan pendidikan atau asuransi jiwa plus investasi, sangat jelas terlihat bahwa asuransi dapat membantu nasabah untuk melakukan investasi, sangat bermanfaat untuk kebutuhan mendesak menyekolahkan anak misalnya, mengingat manfaat asuransi akan ditambahkan dengan hasil investasi.

 

4. Mengatur Keuangan

Membeli asuransi berarti sebuah keluarga atau perusahaan harus melakukan budgeting untuk membayar tagihan premi asuransi pada suatu periode tertentu. Individu atau perusahaan harus mengelola pendapatan dengan cermat agar dapat melunasi premi tepat waktu.

 

5. Asuransi sebagai Upaya Mempeecil Risiko

Pada saat risiko terjadi dan semakin lama cenderung semakin besar, maka pihak asuransi dengan berbagai skema yang dimiliki berusaha menahan risiko kerugian sampai pada batas/level tertentu. Hal yang perlu diperhatikan bahwa ―menghilangkan risiko‖ adalah suatu hal yang sulit untuk dilakukan, namun dengan asuransi risikorisiko yang ada bisa dieliminasi sampai pada titik terendah (minimize of risk).

 

6. Memberikan Ganti Rugi (Indemnity) Kepada Nasabah

Penanggung yaitu pihak yang memberikan/ membayarkan ganti rugi kepada pemegang polis atau tertanggung, sesuai polis asuransi sebagai suatu perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu antara penanggung dan tertanggung.

 

7. Asuransi Memberikan Perlindungan

Terhadap Kehilangan Penghasilan Keluarga atau Kehilangan Kepala Keluarga yang Memiliki Penghasilan. Dalam rangka mengantisipasi kemungkinan hilangnya pendapatan kepala keluarga yang memberikan nafkah kepada keluarga, maka salah satu solusi adalah membeli asuransi jiwa.

 

8. Meringankan Beban Biaya Pengobatan

Asuransi memberikan manfaat saat tertanggung mengalami suatu penyakit tertentu sehingga harus membayar biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit yang sangat mahal. Oleh karena itu, asuransi kesehatan adalah salah satu solusi yang bias dipertimbangkan.

 

9. Mendukung Kinerja

Asuransi dapat menjadikan kinerja yang lebih optimal karena telah diproteksi dan dijamin oleh perusahaan asuransi. Oleh karena itu, para pekerja menjadi lebih semangat dan menghasilkan tingkat produktivitas yang tinggi, sehingga pendapatan

 

Share this article:

Berdasarkan Kategori

Label