blog.1.image
Edukasi
06 Oktober 2020 02:10

Jenis-Jenis Risiko

Risiko secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut.

 

1. Risiko Murni (Pure Risk) adalah bentuk risiko yang jika terjadi akan menimbulkan kerugian dan bila tidak terjadi maka tidak akan menimbulkan kerugian. Contoh Kebakaran, kecelakaan, gempa bumi, gunung meletus, banjir, tanah longsor dan lain-lain.

 

2. Risiko Spekulatif (Speculative Risk) adalah risiko yang apabila terjadi dapat menimbulkan Kerugian (loss), atau tidak menimbulkan kerugian apapun (no loss) atau dapat mendatangkan keuntungan (gain). Contoh Risiko kelebihan produksi, risiko moneter (kurs valuta asing).

 

3. Risiko Fundamental adalah risiko yang apabila terjadi akan dapat menimbulkan kerugian diluar kemampuan manusia untuk mengendalikannya. Akibat yang ditimbulkan juga bisa sangat luas (katastropik). Contohnya: Risiko perang, intervensi politik, perubahan sosial, bencana alam, dsb

 

4. Risiko Khusus (Particular) adalah risiko apabila terjadi akan dapat menimbulkan kerugian yang dapat terukur dan dikendalikan. Akibat yang ditimbulkan tidak menimbulkan dampak yang luas. Contohnya:  Tabrakan, kecelakaan kapal, ledakan turbin, dll.

 

Share this article:

Berdasarkan Kategori

Label