blog.1.image
Berita
31 Mei 2022 08:05

Ekonomi dan keuangan syariah Indonesia bisa berkontribusi signifikan dalam tataran global. Bagaimana caranya?

Jakarta, 30/05/22 Kemenkeu – Pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menggelar Rapat Pleno Semester I 2022 dalam rangka  gerak cepat mewujudkan Indonesia sebagai produsen halal terkemuka di dunia. Hal ini dilakukan dengan memperhatikan sisi pembiayaan, percepatan sertifikasi halal, ekspor dan impor, zona kuliner halal, aman, dan sehat (KHAS), pusat data ekonomi syariah, serta riset halal.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang juga merupakan Sekretaris KNEKS hadir mendampingi Wakil Presiden RI yang merupakan Ketua Harian KNEKS pada rapat tersebut yang diselenggarakan di Aula Djuanda Kementerian Keuangan pada Senin (30/5). Rapat ini turut hadir pimpinan dari 26 kementerian/lembaga/instansi Anggota dan non-Anggota KNEKS, serta beberapa pemimpin daerah provinsi di Indonesia.

“Rapat yang mengangkat tema ‘Bergerak Lebih Cepat untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Produsen Halal Terkemuka di Dunia’ ini merupakan lanjutan dari Pleno Pertama yang dilaksanakan pada 30 November 2021. Tema ini diambil dengan pertimbangan bahwa pada rapat sebelumnya sudah dilakukan sinergi dan harmonisasi melalui ‘menyatukan langkah’ seluruh pihak yang terlibat, sehingga saat ini adalah momen yang tepat untuk bergerak lebih cepat”dengan fokus pada waktu dan program prioritas,” tulis Inza Putra Kepala Divisi Promosi dan Kerja Sama Strategis KNEKS dalam keterangan resminya (30/05).

Dalam rapat ini, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berpesan agar semua pihak dapat terus bahu-membahu memajukan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia. “Saya ingin capaian yang dihasilkan hingga saat ini terus dioptimalkan, agar ekonomi dan keuangan syariah Indonesia bisa berkontribusi signifikan tidak hanya di dalam negeri tetapi juga dalam tataran global,” jelas Wapres. (nug/hpy)

Sumber Artikel & Sumber Foto

Share this article:

Berdasarkan Kategori

Label