blog.1.image
Berita
31 Mei 2021 11:05

Bincang - Bincang TV Asuransi - Spin Off UUS Asuransi, Mulai dari Persiapan Hingga Meraih Kesuksesan Jasindo Syariah

Spin Off UUS Asuransi, Mulai dari Persiapan Hingga Meraih Kesuksesan Perjalanan PT Asuransi Jasindo Syariah Indonesia (Jasindo Syariah) adalah kisah sukses spin off asuransi umum di Indonesia.

Proses pendirian perusahaan baru, dari mulai kajian konsultan sampai terbentuknya Jasindo Syariah, butuh waktu lebih kurang 1 tahun, dimulai awal April tahun 2015. Sedangkan proses pengalihan portofolio dibutuhkan waktu sekitar 8 bulan sejak AJS mulai beroperasi. Pada awal operasional, perusahaan asuransi syariah full fledged ini masih mengikuti pola bisnis seperti saat masih berbentuk unit usaha syariah (UUS) di PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), karena tahun-tahun awal tersebut digunakan untuk proses konsolidasi internal dan penyempurnaan organisasi. Mulai pertengahan tahun kedua ketika penyusunan anggaran tahun ke-3, mulai dilakukan evaluasi bertahap atas bisnis yang dikelola perseroan agar sesuai dengan struktur modal dan kemampuan.

Kini, jika dilihat dari sisi perolehan kontribusi (premi), Jasindo Syariah sudah tumbuh signifikan kalau dibandingkan sebelum spin off. Namun kalau dilihat dari sisi perolehan laba perseroan, masih di bawah perolehan laba ketika sebelum spin off. Hal ini disebabkan semua biaya operasional kini sepenuhnya telah menjadi beban perseroan, sedangkan sebelum spin off sebagian biaya tersebut masih dapat cost sharing dengan Jasindo. Simak ulasannya bersama Direktur Utama PT Asuransi Jasindo Syariah Indonesia Saparudin dengan CEO Media Asuransi Mucharor Djalil di MedAs CEO Talks:

 

 

Share this article:

Berdasarkan Kategori

Label